PT. MAKS
Jakarta, Indonesia
Senin - Sabtu : 09.00 - 17.00 WIB
PT MAKS
Kelebihan Dan Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

Kelebihan Dan Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

Sebelum menuju ke topik pembahasan yaitu " Kelebihan & Kekurangan Pondasi Cakar Ayam " ada baiknya kami memberitahukan terlebih dahulu siapa kami, Kami dari PT. Mutiara Anugerah Konstruksi Steel adalah Perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi dan kami dapat mensupply barang – barang untuk kebutuhan konstruksi, dikarenakan kami anak perusahaan dari PT. Givro Multi Teknik Perkasa yang dimana perusahaan tersebut adalah pabrik kebutuhan konstruksi.

Pondasi cakar ayam mendapatkan nama yang unik ini karena di bagian bawah pondasi tersebut terdapat pipa-pipa beton yang mencengkeram tanah, seperti halnya kaki ayam. Pondasi ini mampu menopang bangunan di atasnya dengan lebih kuat juga dapat memanfaatkan tekanan tanah pasif sehingga dapat diterapkan pada tanah lunak.

Pondasi cakar ayam diperkenalkan oleh Prof. Dr. Ir Sedyatmo, ahli ilmu pengetahuan teknik, pada tahun 1962, sebagai solusi membangun 7 menara listrik tegangan tinggi di daerah rawa Ancol, Jakarta. Menara listrik ini akan digunakan untuk menyalurkan listrik di Tanjung Priok ke Gelanggang Olah Raga Senayan, yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 1962.

Awalnya, pondasi cakar ayam memang dikhususkan untuk pembangunan di tanah yang lembek. Tapi pemasangan pondasi ini sebenarnya bisa diaplikasikan di mana saja, karena fungsi utamanya memang ditujukan untuk menopang bangunan dengan kokoh dan tahan lama. Jika di tanah lembek saja pondasi cakar ayam dapat bertahan kuat, apalagi di tanah yang memang padat.

Selain itu, pondasi cakar ayam memang banyak digunakan untuk pembangunan struktur yang besar dan membutuhkan kekokohan tahan lama seperti gedung pencakar langit, jalan layang hingga landasan pesawat. Untuk rumah tempat tinggal, pondasi cakar ayam memang jarang digunakan tapi bukan hal yang tidak mungkin juga.

Pondasi Cakar Ayam ini sendiri memiliki Kelebihan dan Kekurangan yaitu :

Kelebihan Pondasi Cakar Ayam.

Selain memiliki fungsi yang penting pada sebuah bangunan rumah, pondasi cakar ayam juga memiliki beberapa kelebihan jika digunakan.

Berikut beberapa kelebihan pondasi cakar ayam yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan:

1. Bisa dibangunan diatas tanah yang kurang kokoh

2. Tidak butuh sistem Drenaise

3. Cocok digunakan disemua wilayah di Indonesia

4. Bangunan menjadi lebih kokoh

Kekurangan Pondasi Cakar Ayam
Meski terkenal sebagai pondasi rumah yang kuat, namun tetap saja pondasi cakar ayam ini memiliki beberapa kekurangan.

Berikut beberapa kekurangan pondasi cakar ayam yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan:

1. Biaya pengerjaan lebih mahal

2. Tidak cocok untuk bangunan kecil

3. Proses pembuatan cukup rumit
Blog Kelebihan Dan Kekurangan Pondasi Cakar Ayam